Agar Tak Krisis Keuangan, Ini 4 Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi

  • Whatsapp
Agar-Tak-Krisis-Keuangan-Ini-4-Cara-Mengatur-Keuangan-Saat-Pandemi
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Saat ini, dunia tengah dihebohkan dengan terjadinya pandemi COVID-19. Penyebaran virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya ini, berefek langsung pada keberlangsungan banyak aspek kehidupan, khususnya ekonomi. Anda butuh menerapkan cara mengatur keuangan saat pandemi yang tepat, agar tak berakhir dengan terjadinya krisis keuangan.

Kiat Jitu Mengatur Keuangan Kala Pandemi

Saat pandemi COVID-19 terjadi, Anda bisa saksikan langsung bagaimana buruknya efek yang ditimbulkannya pada sektor perekonomian. Banyak karyawan yang dirumahkan tanpa gaji, bahkan ada yang terkena pemutusan hubungan kerja. Bagi Anda yang perekonomiannya ikut terdampak oleh pandemi ini, bisa melakukan 4 cara berikut dalam mengatur keuangan.

1. Hanya Beli Kebutuhan yang Jadi Prioritas Utama

Agar tak terjadi krisis keuangan, maka biasakanlah mulai dari sekarang untuk hanya membeli kebutuhan yang berada di daftar teratas prioritas saja. Cukupi dulu kebutuhan wajib yang harus Anda penuhi setiap harinya. Pos keuangan yang sebelumnya Anda gunakan untuk kebutuhan hiburan, baiknya Anda alih fungsikan sebagai dana darurat.

2. Jangan Tergiur Belanja Online

Dalam situasi yang mengharuskan Anda untuk di rumah saja seperti sekarang, tentu saja belanja online jadi aktivitas yang sangat menarik dilakukan. Namun, jangan sampai Anda kalap dalam belanja online, sehingga malah pengeluaran melebihi saat pandemi belum terjadi. Batasi pengeluaran untuk belanja online dan alokasikan dananya untuk investasi.

3. Susun Daftar Belanja Bulanan

Menyusun daftar belanja bulanan akan sangat membantu Anda untuk menghindari krisis keuangan saat pandemi ini. Saat pandemi ini, pastinya beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi akan berbeda dari saat sebelum pandemi. Perbanyak belanja yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Beruntunglah Anda jika memang tetap bisa bekerja, namun harus melakukannya dari rumah. Bagi Anda yang sekiranya mesti dirumahkan, dengan setengah gaji atau tanpa gaji sama sekali, bisa mencoba untuk mencari tambahan penghasilan. Anda bisa mulai berjualan online atau jadi freelancer yang tak mengharuskan Anda bekerja di luar rumah.

Saat pandemi seperti ini, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan, agar tak berakhir dengan terjadinya krisis keuangan. Anda bisa terapkan 4 cara mengatur keuangan saat pandemi di atas, agar keuangan Anda tetap bisa terkelola dengan baik. Batasi pengeluaran untuk hal yang tak penting dan jika memungkinkan, cari sumber pendapatan baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *