Mobil Takut Rusak Selama WFH? Ini 5 Cara Merawatnya

  • Whatsapp
Mobil-Takut-Rusak-Selama-WFH-Ini-5-Cara-Merawatnya
Foto dari Canva Pro

Selama pandemic Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk beraktivitas di rumah saja. Baik itu bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Karena lebih sering menghabiskan waktu di rumah, kendaraan Anda pun menjadi terbengkalai, bahkan hampir selama berbulan-bulan. Oleh karena itu, memeriksakan kendaraan ke bengkel resmi Mazda haruslah dilakukan.

Jika bengkel belum bisa beroperasi di saat pandemic seperti ini, Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk kendaraan Anda, khususnya mobil. Mobil jika didiamkan terlalu lama biasanya akan mati total. Mau tidak mau, Anda harus pergi ke bengkel untuk mengganti komponennya tang tentu saja harganya tidak murah.

Oleh karena itu, merawat mobil selama WFH sangatlah penting. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1. Mengecek Kondisi Ban

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi ban. Ini tentu saja sangat penting karena mobil yang dibiarkan terlalu lama akan membuat tekanan angin pada ban berkurang. Jika tekanannya berkurang, ban akan kempes. Ban yang dibiarkan kempes terlalu lama tentu saja akan mengalami kerusakan, khususnya pada bagian dindingnya.

Oleh karena itu, selalu cek tekanan angin pada ban secara berkala. Pastikan tekanannya sudah sesuai dengan rekomendasi dari pabriknya.

2. Mengecek Aki

Selain mengecek ban, penting juga untuk mengecek aki mobil Anda. Komponen ini wajib diperhatikan karena mempengaruhi kinerja mesin mobil. Aki ini berfungsi untuk menyebarkan arus tegangan ke semua kelistrikan mobil. Jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, aki bisa-bisa konslet, drop, dan rusak, dan mobil menjadi mati total.

Oleh karena itu, Anda bisa merawatnya selagi berada di rumah. Periksalah bagian aki tersebut mulai dari ketinggian air aki, konektor aki, dan lain-lain. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, kerusakan pun bisa diketahui sejak dini dan Anda bisa langsung menggantinya ke bengkel resmi Mazda.

 3. Mengecek Oli

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengecek oli secara berkala. Meskipun mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, bukan berarti oli mobil Anda dalam keadaan baik-baik saja. Mesin yang tidak beroperasi membuat sirkulasi oli menjadi terganggu karena tidak bisa melumasi komponen-komponen pada mobil dengan optimal. Akibatnya, tekstur oli menjadi lebih kental.

Untuk itu, jangan malas untuk mengecek oli mobil. Anda bisa mengeceknya melalui bagian dipsticknya. Anda harus mengganti oli tersebut jika tekturnya sudah mengental dan warnanya berubah menjadi kehitaman.

4. Memanaskan Mobil

Agar performa mobil tetap bagus, jangan lupa untuk selalu memanaskan mobil setiap hari. Idealnya, Anda cukup memanaskan mobil selama lima menit saja per hari. Ini dilakukan agar oli mobil bisa melumasi bagian-bagian mesin mobil secara optimal. Selain itu, mobil yang dipanaskan setiap hari juga akan membuat komponen-komponen lain berfungsi seperti pompa bensin, sensor-sensor, dan masih banyak lagi.

5. Mencuci Mobil

Bagian luar mobil juga perlu untuk dirawat agar usianya bisa bertahan lebih lama. Salah satu caranya adalah dengan mencuci mobil secara berkala. Bagian-bagian terluar mobil haruslah dibersihkan dari debu dan kotoran agar senantiasa terlihat bersih. Jangan sampai kotoran-kotoran tersebut menempel lama, sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan.

Saat mencucinya, gunakan sabun khusus pencuci mobil. Basuh seluruh permukaan mobil sampai tidak ada kotoran yang tersisa. Jika sudah, semprot atau siram dengan air bersih, kemudian lap dengan kain kering. Jika ingin dijemur di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya tidak terlalu lama. Sengatan matahari bisa membuat cat mobil menjadi kusam.

Dengan lima cara merawat mobil di atas, mobil Anda akan senantiasa terawat dan terhindar dari kerusakan. Jika perlu, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Mazda terdekat di kota Anda. Pasalnya, dengan membawa mobil Anda ke bengkel resminya, proses pemeliharaannya akan disesuaikan dengan tipe mobil Anda. Belum lagi penggantian komponen-komponennya yang harus sesuai dengan pabrikannya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari bengkel resmi. Biasanya, bengkel resmi akan menawarkan promo atau diskon untuk proses service mobil, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang cukup banyak. Untuk itu, yuk, mulai service mobil Anda di bengkel resmi dan dapatkan pelayanan dan dapatkan manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *