Sedang Datang Bulan? Jangan Lakukan Hal Ini!

  • Whatsapp
Sedang-Datang-Bulan-Jangan-Lakukan-Hal-Ini
Foto dari Canva Pro

Bagi kaum wanita menjalani proses menstruasi merupakan hal yang harus dialami setiap bulannya. Bagi sebagian besar wanita saat haid merupakan waktu yang sangat tidak menyenangkan. Merasakan nyeri, kram, hingga suasana hati buruk menjadi kondisi yang tidak dapat dihindari.

Hal ini bukan tanpa alasan, rasa sakit saat menstruasi terjadi karena darah yang terus keluar bahkan bisa menimbulkan anemia. Kemudian perubahan hormon selama masa haid akan membuat suasana hati tidak karuan.

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Haid

Menstruasi memang bisa sangat mengganggu dan menghancurkan hari Anda, tapi bukan berarti harus menerima saja dan membiarkan ketidaknyamanan membuat berbagai aktivitas tidak lagi menyenangkan. Agar haid tidak mengganggu aktivitas Anda, hindari melakukan hal berikut:

1. Malas Ganti Pembalut

Terkadang rasa sakit yang dirasakan ketika tengah datang bulan memang membuat malas. Malas bergerak, malas makan, dan hanya ingin berbaring saja. Jika tidak ada kegiatan Anda bisa bermalas-malasan sembari menikmati camilan, menonton acara favorit, atau sekadar rebahan saja.

Akan tetapi, satu hal yang tidak boleh dibiarkan karena kemalasan tersebut, yaitu tidak boleh malas mengganti pembalut. Baik Anda tengah bermalas-malasan di rumah atau melakukan kegiatan, penggantian pembalut harus dilakukan rutin. Setidaknya 3-6 jam pembalut harus diganti agar tidak bocor, menjadi sarang bakteri, hingga menimbulkan bau tidak sedap.

2. Membiarkan Bad Mood

Proses menstruasi memang terkadang membuat suasana hati menjadi buruk. Emosi negatif yang muncul dikarenakan perubahan hormon dan rasa tidak nyaman. Rata-rata semua perempuan mengalaminya.

Akan tetapi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena mampu membuat hari Anda menjadi berantakan. Bahkan efeknya bisa berhari-hari kemudian bahkan bisa fatal. Anda harus berusaha mengesampingkan emosi negatif dengan berbagai cara. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, berolahraga, menonton drama korea, atau rebahan sebentar.

3. Berhubungan Seksual

Saat tengah berada dalam masa haid, wanita tidak disarankan untuk melakukan hubungan intim karena akan meningkatkan penularan penyakit seksual. Selain itu, potensi kehamilan apabila berhubungan intim saat menstruasi juga masih ada dan bisa mengakibatkan janin terinfeksi.

4. Tidak Berolahraga

Nyeri dan malas saat haid memang menjadi faktor utama banyak perempuan enggan berolahraga. Akan tetapi, olahraga bukanlah hal yang boleh ditinggalkan saat haid. Anda justru harus tetap berolahraga.

Misalnya dengan melakukan lari berkeliling halaman rumah atau senam ringan. Bahkan melakukan berbagai pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, atau mencuci juga bisa dijadikan pilihan olahraga. Jadi, datang bulan bukan berarti harus malas-malasan.

5. Makan Sembarangan

Saat sedang haid perempuan cenderung makan lebih banyak. Bahkan ada orang yang makan apa saja demi memuaskan rasa ngidam akan makanan tertentu. Kebanyakan makanan ini dikonsumsi untuk memperbaiki mood.

Boleh-boleh saja mengonsumsi makanan untuk memperbaiki mood saat haid. Akan tetapi, tidak boleh sembarangan. Ada makanan yang justru akan merugikan jika dikonsumsi saat haid. Seperti kafein, olahan susu, dan daging merah. Lebih banyak konsumsi buah atau olahan buah seperti jus dan smoothies. Rasa manis atau asam dalam buah-buahan dapat membantu memperbaiki mood Anda.

Bagi kaum hawa, mengalami menstruasi adalah hal wajar. Namun, “penderitaan” yang dialami saat menstruasi seringkali membuat kondisi tubuh dan hati menjadi tidak karuan. Agar keadaan ini tidak bertambah parah lakukan beberapa cara pencegahan agar proses menstruasi tidak menjadi penderitaan satu minggu penuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *